6 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal

shares

6 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal - Sekarang kita masuk ke bagian utama dari topik memulai bisnis online. Untuk cara memulai bisnis online biarpun mudah tapi sebenarnya tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada cukup banyak proses yang perlu Anda lalui.

Dengan melalui proses-proses berikut ini satu per satu, maka bisnis online Anda tidak hanya lahir saja, tetapi juga bisa bertahan dan tumbuh menjadi bisnis online yang besar. Setiap yang besar dimulai dari yang kecil. Ini sudah menjadi hukum alam. Begitu juga dengan bisnis. Bisnis online yang besar dimulai dari yang kecil.

Bahkan Amazon, sebuah toko online terbesar di dunia, dulunya juga dimulai dari garasi mobil. Tidak hanya Amazon, perusahaan besar seperti Apple, Disney, Hewlett-Packard (HP) dan juga Google juga memulai bisnisnya dari garasi mobil.

6 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal

6 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal

Untuk bisa memulai bisnis online berikut ini cara dan proses yang perlu Anda lakukan :

Mulai dengan mindset bisnis online yang benar
Tentukan siapa yang menjadi target market Anda
Tentukan model bisnis yang tepat
Menyiapkan produk/layanan
Membuat website/landing page/katalog
Mendatangkan traffic
Mari kita bahas satu per satu.

Mulai dengan mindset bisnis online yang benar
Untuk memulai bisnis online cara pertama yang harus kita lakukan adalah punya mindset Bisnis Online Yang Benar.

Mindset ini kami tempatkan di posisi pertama adalah karena hal yang paling penting di dalam bisnis online. karena mindset itu adalah pondasi dalam melakukan sesuatu.

Kalau mindsetnya benar, maka langkah-langkah selanjutnya juga akan benar. Jika dari mindsetnya saja sudah salah, maka langkah-langkah berikutnya bagaimana mau benar.

Tidak hanya itu dengan mindset yang benar tentang bisnis online, sekalipun Anda mengalami kegagalan, maka kegagalan itu tidak akan membuat Anda terpuruk. Dengan mindset yang benar, begitu mengalami kegagalan dalam bisnis, Anda akan segera bangun dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan Anda jatuh.

Dan ketika Anda tidak mempunyai mindset bisnis online yang benar, sekali Anda jatuh, selamanya Anda akan terus terpuruk dan menyalahkan keadaan. Kondisi seperti ini bisa diubah kalau Anda mengubah mindset Anda.
Usaha sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan modal.

Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha.

Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya.

Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.

Berita baiknya, Anda bisa menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil. Berikut 17 ide usaha sampingan yang perlu Rp 10 juta atau kurang untuk memulainya.


1. Jasa Laundry

Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi Anda yang ingin memulai jasa laundry.

Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil).

Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini.
Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan Anda peroleh sebesar 15%-25% (asumsi tarif laundry Rp 4.000 s.d Rp 6.000 per kilogram).

Untuk urusan modal, Anda cukup punya uang Rp 10 juta. Malahan, menurut beberapa artikel yang saya baca, Anda bisa memulainya dengan modal Rp 7,5 juta saja.

Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering.
Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai (Rp 500 ribu s.d Rp 1 juta per bulan).

2. Menjual pulsa elektrik
Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta memiliki omset Rp 20 triliun setahun.

Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.
Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda sediakan tidak banyak, yaitu berkisar dari Rp 1 juta s.d Rp 3 juta. Calon konsumen Anda bisa saja teman sepekerjaan atau tetangga rumah Anda.

3. Menjual makanan untuk sarapan
Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Hal ini karena banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya.

Menariknya lagi, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang Anda tawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan.

Jika Anda sudah beristri, menu tersebut mudah dibuat, bukan?
Modal yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha ini sekitar Rp 4 juta per bulan. Sekitar 80% uang tersebut untuk membeli bahan baku, misalnya telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran.

Sisanya untuk membeli bahan bakar dan transportasi. Dengan modal sebesar itu, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp 2 juta per bulan.

4. Menjual foto di internet
Jika Anda hobi fotografi, Anda bisa menghasilkan uang dari foto-foto yang Anda hasilkan. Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online.

Untuk tahap awal, cobalah dua situs penjualan foto terpuler ini: Istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan ShutterStock.com (komisi 20-30%). Setelah itu, situs-situs lain yang bisa dicoba adalah Fotolia.com dan StockFresh.com.

Siapkan juga akun PayPal Anda agar Anda mudah menerima komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut.
Modal yang perlu Anda siapkan untuk usaha sampingan ini dapat dibilang tanpa modal. Asumsinya Anda menggunakan kamera digital yang Anda miliki dan dana koneksi internet dimasukkan dalam anggaran bulanan Anda.

5. Membuat blog
Anda sadari atau tidak, ngeblog sedang ngetren dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, ngeblog bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.

Contohnya, saat saya menjadi karyawan swasta dulu, saya melakukan hal tersebut.

Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog adalah postingan berkualitas. Anda bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan Anda sekarang.

Sebagai contoh, jika Anda bekerja sebagai teknisi listrik, Anda bisa membuat blog dengan topik kelistrikan. Strategi ini akan memudahkan Anda dalam pembuatan postingan.

Mengapa? Sederhana saja, karena Anda sudah tahu dan mengalami apa yang hendak ditulis.

Berita bagus lainnya adalah modal yang perlu Anda sediakan untuk memulai ngeblog paling banyak Rp 1 juta setahun. Asumsinya, Anda membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal, dan membuat postingan sendiri.

Bahkan, bisa tanpa modal jika Anda menggunakan platform blog gratisan, misalnya Blogspot.com.
Blog menghasilkan uang dari mana saja? Silakan temukan jawabannya pada postingan saya di Blogodolar yang berjudul 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Berbahasa Indonesia Anda.

Sekadar informasi, jika Anda ingin mempelajari langkah-langkah membangun blog dari nol hingga menghasilkan uang, silakan pelajari di ebook saya yaitu Make Money Blogging: Panduan Tahap demi Tahap Menghasilkan Uang dari Blog.

6. Membuat toko online
Seperti halya ngeblog, membuat toko online juga sedang ngetren. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke gaya berbelanja online.

Di lihat dari sisi barang yang dijual, Anda bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakain, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, dan kaos.

Sementara itu, barang digital yang populer dijual adalah ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.
Modal yang perlu Anda siapkan untuk membuat toko online tidak besar. Sebagai contoh, modal Anda bisa seperti modal ngeblog di atas jika Anda mampu mendesain sendiri toko online Anda.

Jangan khawatir, karena sekarang ini banyak template gratis toko online. Sekalipun harus membeli, banyak juga template yang harganya di bawah Rp 300 ribu.

Tidak mau atau tidak bisa membuat toko online sendiri berbasis web? Tidak masalah. Anda bisa membuat toko online di marketplace. Dua marketplace yang populer di Indonesia adalah BukaLapak dan Tokopedia.

Hal menarik lain mengenai toko online adalah Anda tidak harus repot mengirim barang jika Anda menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli Anda.
Salah satu dropshipper lokal yang bisa Anda coba adalah Supplier.id.

7. Jasa cuci motor
Di lingkungan Anda banyak pemilik motor? Jika ya, mengapa tidak Anda coba membuat jasa cuci motor.
Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor.

Sementara itu, dari sisi modal, Anda cukup memiliki Rp 2 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Modal ini lebih besar (Rp 10 juta) jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

Alokasinya adalah Rp 2 juta untuk sewa tempat, Rp 5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp 3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional.
Maka dari itu sebelum Anda belajar tentang memulai bisnis online lebih jauh lagi, miliki dulu mindset yang benar tentang bisnis online.

Lalu yang jadi pertanyaan, seperti apakah mindset bisnis online yang benar?
Menurut kami mindset bisnis online yang benar itu seperti berikut ini :

Rezeki sudah diatur dan tidak mungkin tertukar
Ketika Anda mendapatkan uang/profit/penjualan/hasil dari bisnis online itu adalah salah satu bentuk rezeki. Besarnya hasil yang didapatkan mungkin setiap orang berbeda-beda. Karena memang rezeki setiap orang itu sudah diatur oleh Alloh dan tidak mungkin tertukar.

Terkait hal ini mas Wientor Rah Mada pernah melakukan riset kecil-kecilan. Beliau menjalankan iklan Facebook Ads bersama temannya dalam waktu yang bersamaan, objective iklannya sama, targeting iklannya sama, produk gambar dan ads copy nya juga sama, bahkan budgetnya pun juga sama.

Namun yang terjadi, biarpun semua variabel dibuat sama, tetap saja hasil yang diperoleh beliau dengan temannya berbeda. Itu membuktikan bahwa rezeki itu sudah diatur dan tidak mungkin tertukar.

Jadi ketika Anda sudah memulai bisnis online dan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan, maka berpikirlah positif, mungkin rezeki Anda memang seperti itu. Jangan patah semangat, terus berdoa dan perbaiki ikhtiar Anda.

Dan ketika Anda mendapatkan hasil yang banyak dari bisnis online jangan lupa untuk bersyukur dan berbagi pada orang-orang yang membutuhkan.

Jangan berharap cepat kaya
Mindset bisnis online yang perlu Anda milik adalah jangan pernah berharap cepat kaya dari bisnis online.

Mungkin Anda pernah melihat iklan yang kontennya seperti ini :
si A dapat beli rumah secara cash hanya dalam waktu 2 minggu.
Si B bisa membeli mobil dan jalan-jalan keluar negeri hanya 6 bulan setelah memulai bisnis online.
Si C mendapatkan pendapatan ratusan juta hanya dari ngeblog.
Dan lain sebagainya.
Uang ratusan juta, rumah mewah, mobil hingga jalan-jalan keluar negeri adalah simbol kekayaan. Memang tidak salah jika iklan mengangkat yang demikian itu. Karena pada kenyataannya ada orang-orang yang berhasil mendapatkan kekayaan melalui bisnis online.

Tapi yang perlu Anda ketahui, mereka mendapatkan hasil yang luar biasa tersebut tidak dengan cara yang mudah. Mereka juga mengalami jatuh bangun dalam menjalankan bisnis online.
Dan yang jarang terlihat adalah bagaimana mereka berjuang sampai pada akhirnya mereka mendapatkan hasil yang luar biasa ini.

Mungkin Anda tidak pernah tahu si A sudah berapa kali mereka mencoba. Si B sudah berapa banyak uang yang dia habiskan hanya untuk testing, ikuti kursus di sana sini, membeli tools dan lain sebagainya.
Jadi kalau Anda ingin memulai bisnis online hanya karena ingin cepat kaya, maka luruskan mindset Anda sekarang juga. Jalani dan nikmati setiap proses yang ada dalam memulai bisnis online ini.

Apa yang Anda bangun perlu proses untuk mendapatkan hasil
Di dalam bisnis online, tidak ada cerita-cerita seperti berikut ini :

baru 1 hari beriklan dengan budget Rp50 ribu langsung profit ratusan ribu
baru 1 minggu membuat blog langsung kebanjiran ribuan traffic
baru 1 bulan main affiliate langsung jadi top affiliate
baru 2 minggu menjalankan email marketing langsung dapat email list hingga ribuan
Percayalah, hal-hal diatas tidak pernah terjadi. Kalaupun ada itu ada faktor keberuntungan di sana. Dan yang namanya keberuntungan tidak setiap orang punya keberuntungan yang sama.

Dengan kata lain, apa yang Anda bangun, apa yang Anda lakukan saat ini di bisnis online, perlu waktu dan proses untuk bisa mendapatkan hasil.

Kegagalan bukan akhir dari segalanya
Dan mindset bisnis online yang terakhir menurut kami adalah kegagalan bukan akhir dari segalanya. 
Seperti yang kami bilang di atas, kalau mindset Anda benar, berapapun Anda mengalami kegagalan, maka Anda akan bangkit lagi. 10x gagal, 11 kali bangkit.

Jika Anda ingin mempelajari mindset bisnis online lebih dalam lagi, silakan lihat video berikut ini. Harapan kami setelah Anda melihat video ini, mindset Bisnis Online Semakin Kuat.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar